PROGRAM PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH RUMAH TANGGA PADA KELOMPOK TANI CEMARA HIJAU FARM

Yogihati, Chusnana Insjaf and Diantoro, Markus and Utomo, Joko and Pahlevi, Reza Akbar and Abdurrahman, Muhammad Syolahudin (2022) PROGRAM PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH RUMAH TANGGA PADA KELOMPOK TANI CEMARA HIJAU FARM. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pupuk organik cair merupakan pupuk yang dihasilkan melalui proses penguraian zatzat organik, yang ada pada makhluk hidup. Salah satu cara membuat pupuk organik menggunakan metode pengomposan, dimana pengomposan ini bertujuan untuk mempercepat penguraian zat-zat organik. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan pupuk organik cair, yaitu limbah organik rumah tangga. Pada Kelompok Tani Cemara Hijau Farm, masih menggunakan pupuk organik padat sebagai penyubur tanaman. Oleh karena itu diadakan program pembuatan pupuk organik cair dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. Pembuatan pupuk organik cair menggunakan alat berupa tong komposter, yang berguna sebagai tempat pengolahan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik cair. Langkah awal pembuatan pupuk organik cair, yaitu dengan mengumpulkan limbah rumah tangga, kemudian membuat larutan pengurai seperti Petrogladiator sebagai dekomposer yang dicampurkan dengan air, dengan perbandingan 1:10. Setelah itu limbah rumah tangga dicampurkan dengan larutan pengurai, dan diaduk selama 10 menit. Kemudian ditunggu dalam kurun waktu 2 minggu, sambil terus diaduk selama 10 menit setiap hari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Program, Pupuk, Organik, Cair, Limbah Rumah Tangga.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB599 Pests and diseases > SB950 Pest control and treatment of diseases. Plant protection > SB974 Organic plant protection. Biological control
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:29
Last Modified: 08 Feb 2023 01:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50506

Actions (login required)

View Item
View Item