PENYULUHAN TENTANG MANFAAT MENGKONSUMSI YOGURT PROBIOTIK UNTUK PENCEGAHAN RISIKO KARIES GIGI PADA ANAK DI PANTI ASUHAN CAHAYA BERKAT ABADI MEDAN

Sinaga, Irma Syafriani Br. and Sihombing, Kirana Patrolina (2022) PENYULUHAN TENTANG MANFAAT MENGKONSUMSI YOGURT PROBIOTIK UNTUK PENCEGAHAN RISIKO KARIES GIGI PADA ANAK DI PANTI ASUHAN CAHAYA BERKAT ABADI MEDAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Permasalahan yang hingga sekarang dialami masyarakat adalah rendahnya pengetahuan dan kepedulian para orang tua mengenai tumbuh kembang anak, salah satunya rongga mulut tentang cara pemeliharaan kesehatan gigi dan kesehatan mulut melalui mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik yang baik untuk menurunkan risiko karies pada anak. Metode Pengabdian : Pengabdian dilakukan dengan metode observasi, Pre Test-Post Test dengan tujuan mengetahui pengetahuan siswa-siswi mengenai manfaat mengkonsumsi yogurt probiotik untuk pencegahan risiko karies gigi pada anak. Dilakukan kegiatan penyuluhan dan juga melakukan demonstrasi menyikat gigi secara benar sebagai upaya pencegahan kerusakan gigi yang lebih parah , pemeriksaan ph saliva dan indeks plak gigi, serta pemberian minuman yogurt probiotik. Hasil : Diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa sebesar 89% menjadi kategori baik Diketahui bahwa responden yang memiliki kondisi rongga mulut yang asam (diukur pada jam 10.00 WIB atau tiga jam setelah sarapan pagi yaitu pada pukul 7.00 WIB) yaitu sebanyak 93%. Kesimpulan pengabdian ini adalah perlu komitmen untuk menyediakan minuman yogurt probiotik 1 kali dalam seminggu sehingga dapat membantu dalam mencegah keasaman pada rongga mulut yang dapat menurunkan risiko karies gigi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Karies gigi; Penyuluhan; Probiotik.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:29
Last Modified: 08 Feb 2023 01:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50477

Actions (login required)

View Item
View Item