MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI TEKS TRANSAKSIONAL LISAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PARA GURU BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING TO LEARN (R2L)

Husein, Rahmad and Siregar, Masitowarni and Pulungan, Anni Holila (2022) MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI TEKS TRANSAKSIONAL LISAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PARA GURU BAHASA INGGRIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING TO LEARN (R2L). In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan upaya meningkatkan kompetensi literasi teks transaksional lisan para guru Bahasa Inggris terkait memberi dan meminta informasi berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, interviu, catatan lapangan, dan studi dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi kepada sumber informasi dan berdasarkan metode. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa para guru dapat menyusun perangkat pembelajaran: RPP, bahan ajar, media pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan penilaian sesuai dengan isi kompetensi dasar dan bernuansa kearifan lokal kota Medan tentang Istana Maimun. Guru juga dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan model Reading to Learn (R2L) oleh Rose dan Martin melalui tahapan: reading preparation, note-making, araphrase dan joint-construction.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Literasi, Reading to Learn (R2L), Kearifan Lokal, Transaksional Teks Lisan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:26
Last Modified: 08 Feb 2023 00:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50467

Actions (login required)

View Item
View Item