PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER DENGAN PENGENALAN DAN PEMANFAATAN DESAIN GRAFIS BAGI SANTRI-SANTRI DIPESANTREN DARUL TAHFIDZASY SYAIRUN SUNGGAL

Rahmadani, Reni and Mendoza, M. Dominique and Hutajulu, Olnes Y and Putri, Tansa T. A. Putri (2022) PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER DENGAN PENGENALAN DAN PEMANFAATAN DESAIN GRAFIS BAGI SANTRI-SANTRI DIPESANTREN DARUL TAHFIDZASY SYAIRUN SUNGGAL. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi dan Komputer saat ini mengalami perkembangan sangat pesat dan memegang peranan penting dalam memudahkan berbagai aktifitas kehidupan. Seseorang yang memiliki kemampuan di bidang ini akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan atau membangun usahanya sendiri. Salah satu kompetensi TIK yang paling banyak digunakan saat ini adalah desain grafis. Sementara itu, para santri yang hidup dipesantren umumnya hanya belajar tentang nilai-nilai agama yang apabila mereka akan mencari pekerjaan akan sangat terbatas bidang yang dapat dipilih. Programpengabdian masyarakat yang dilakukan ini merupakan upaya untuk meberikan solusi berupa kompetensi tambahan yaitu desain grafis kepada para santri. Kompetensi desain grafis akan dapat mereka manfaatkan saat ini atau di masa mendatang terutama saat memasuki usia kerja. Santri yang memiliki kompetensi teknologi Informasi dan Komputer diharapkan dapat menggunakan kemampuanmereka untuk bekarya dimasyarakat baik sebagai pekerja maupun sebagai pengusaha. Adapun metodeyang dilakukan metode pelatihan dan penguatan menggunakan komputer untuk dasar desain grafis. Para santri yang mengikuti pelatihan mengungkapkan rasa antusias dan kepercayaan diri untuk dapatmencari kerja maupun membuka usaha dibidang jasa komputer dan desain grafis. Hasil dari kegiatanpengabdian ini memperlihatkan bahwa para santri mudah memahami materi pelatihana dan tertarik untuk memperdalam desain grafis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pengabdian Kepada Masyarakat, Teknologi, Santri, Desain Grafis.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:28
Last Modified: 08 Feb 2023 00:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50464

Actions (login required)

View Item
View Item