PENDAMPINGAN PENULISAN CERPEN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 2 MEDAN

Hadi, Wisman and Adisaputra, Abdurahman and Hutagalung, Trisnawati and Putri, Revika Ananda and Febriyanti, Fira (2022) PENDAMPINGAN PENULISAN CERPEN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP NEGERI 2 MEDAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2022 ini berjudul Pendampingan Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal di SMP Negeri 2 Medan. Mitra yang terlibat dalam kerjasama adalah penanggung jawab UPT SMP Negeri 2 Medan.
Lokasi mitra berjarak kurang lebih 8 km dari Universitas Negeri Medan. Masalah sebelumnya untuk mitra meliputi: (1) kurangnya sosialisasi tentang menulis sastra di SMP Negeri 2 Medan; (2) kurangnya minat menulis cerpen siswa/siswi SMP Negeri 2 Medan; (3)kurangnya metode yang tepat untuk membangun semangat siswa/siswi SMP Negeri 2 Medan dalam menulis cerpen. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini
adalah; (1) Memberikan pemahaman khusus tentang pentingnya memiliki kemampuan menulis sastra dan manfaatnya dalam kehidupan; (2) Melakukan pendampingan menulis cerpen; (3) Memberikan pendampingan secara berkelanjutan. Adapun manfaat yang diperoleh mitra dari kegiatan ini adalah: (1) meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa/siswi SMP Negeri 2 Medan dengan memanfaatkan kearifan lokal; (2) menarik perhatian siswa/siswi SMP Negeri 2 Medan agar minat menulis
sastra. Metode pendekatan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah metode pendidikan, latihan dan pendampingan secara intens dan berkelanjutan. Hasil luaran riil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dihasilkannya (1) Satu artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal ber ISSN online dari seminar nasional; (2) Publikasi pada media massa cetak/online/repocitory Perguruan Tinggi; (3) Buku ber-ISBN.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendampingan, Menulis Cerpen, Kearifan Lokal, SMP Negeri 2 Medan.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:59
Last Modified: 08 Feb 2023 00:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50445

Actions (login required)

View Item
View Item