PENGUATAN PERPUSTAKAAN DESA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN LITERASI MASYARAKAT

Lubis, Wildansyah and Ananda, Lala Jelita and Faisal and Listia, Wan Nova (2022) PENGUATAN PERPUSTAKAAN DESA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN LITERASI MASYARAKAT. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mitra program pengabdian yang dilaksanakan adalah pengurus perpustakaan desa Cahaya Mutiara Ilmu dan Karang Taruna Bina Taruna Desa Ara Payung, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai. Tujuan program pengabdian yang dilaksanakan adalah melakukan pendampingan penguatan perpustakaan desa sebagai pusat kegiatan literasi masyarakat Desa Ara Payung. Solusi
yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan mitra adalah pendampingan tata kelola perpustakaan desa secara manual dan digital, pendampingan literasi sains berbasis potensi lokal Desa Ara Payung, pendampingan literasi baca tulis berbasis potensi lokal Desa Ara Payung, penambahan koleksi perpustakaan, pendampingan optimalisasi penggunaan perpustakaan. Berdasarkan program pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilaksanakan diperoleh hasil yaitu peserta mampu memetakan potensi lokal yang ada di desa Ara Payung sebagai bahan literasi berbasis masyarakat di Desa Ara Payung, peserta mempunyai pengetahuan dasar dan keterampilan dalam tata kelola perpustakaan Desa Ara Payung sebagai pusat kegiatan literasi masyarakat, baik secara manual maupun secara digital, Peserta telah mampu merancang berbagai potensi local di Desa Ara Payung.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Ara Payung, Perpustakaan, Literasi, Digital.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:04
Last Modified: 08 Feb 2023 00:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50444

Actions (login required)

View Item
View Item