PERAN SERTA PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK BAGI ANAK SLB IT KOTA BINJAI

Kasih, Indra (2022) PERAN SERTA PERGURUAN TINGGI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK BAGI ANAK SLB IT KOTA BINJAI. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dunia pendidikan tidak lepas dari berbagai kelebihan dan kekurangan seseorang, dimana intelektual dan fisik menjadi patokan seseorang dalam melakukan suatu aktifitas. Seseorang yang normal fisik dan intelektualnya akan menjalani pendidikan yang umum sesuai peraturan yang telah dibuat
pemerintah, sedangkan anak yang memiliki kekurangan dalam intelektual dan fisik terkadang masih dipandang sebelah mata oleh orang lain. Dalam istilah pendidikan disebut juga sebagai anak disabilitas atau anak berkebutuhan khusus. Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang keadaan dan pertumbuhannya mengalami penyimpangan dari segi fisik, mental, sosial, dan emosinya. Proses pengembangan keterampilan motorik anak juga didapatkan melalui pembelajaran di sekolah dan lembaga lainnya. Proses pembelajaran tentu harus menggunakan kreatifitas dari seorang guru atau pendamping agar anak-anak mau dan mengikuti pembelajaran tersebut. Disinilah guru dan
pendamping dituntut untuk selalu mengerti apa yang diinginkan seorang siswa dan menggunakan kreatifitas semaksimal mungkin agar membawa siswa ke arah perubahan yang lebih baik dan maksimal. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan sekolah maupun luar sekolah tentu akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan motorik dari anak itu sendiri. Semakin banyak variasi gerakan dan juga tingkat kesulitan yang berbeda beda juga dapat membantu sistem perkembangan motorik anak terus meningkat.Keterbatasan tenaga pendidik dan pendamping dalam memberikan program peningkatan motorik dianggab perlu diberikan pendampingan tentang bagaimana meramu beberapa variasi pengajaran dan pendampingan dalam upaya meningkatkan kemampuan motori anak tunagrahita.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan Motoric Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:04
Last Modified: 08 Feb 2023 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50418

Actions (login required)

View Item
View Item