PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS-LITERACY

Jahro, Iis Siti and Sutiani, Ani and Lubis, Asrin (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS-LITERACY. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk mengatasi permasalahan rendahnya budaya membaca dan rendahnya kemampuan literasi siswa-siswi di SMAN 2 Percut Sei Tuan maka telah dilakukan kegiatan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTs-Literacy bagi Guru-guru di SMAN 2 Percut Sei Tuan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, Media Pembelajaran, LKPD dan Perangkat Penilaian. Kegiatan ini diikuti oleh 15 guru Sains yang meliputi guru mata pelajaran Kimia, Biologi dan Fisika. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan pemaparan materi mengenai HOTs, Literasi dan Implementasi HOTs-Literacy dalam Proses Pembelajaran kemudian dilanjutkan dengan Praktek
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis HOTs-Literacy oleh Guru-guru dengan diarahkan oleh tim pelaksana dan didampingi oleh mahasiswa. Pada kegaitan ini dihasilkan 39 perangkat pembelajaran berbasis HOTs-Literacy yang meliputi perangkat pembelajaran biologi, fisika, dan Kimia berturut-turut sebanyak 18, 12 dan 9. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar berbasis HOTs-Literacy dan pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa-siswinya yang pengukurannya melibatkan permasalahan-permasalah HOTs sebagaimana tertuang pada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hots Literacy, RPP, Media, LKPD, Perangkat Penilaian.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:04
Last Modified: 08 Feb 2023 02:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50416

Actions (login required)

View Item
View Item