PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN

SIMARMATA, GRES MONIKA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK SWASTA JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7183142040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7183142040 COVER.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7183142040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7183142040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7183142040 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7183142040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7183142040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7183142040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7183142040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7183142040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7183142040 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7183142040 TABLES.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7183142040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7183142040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7183142040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7183142040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7183142040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7183142040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7183142040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7183142040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (563kB) | Preview

Abstract

Gres Monika Simarmata, NIM 7183142040. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Skripsi Jurusan Akuntansi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. 2022.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar yang kurang baik pada siswa Jurusan Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan, untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa Jurusan Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan Akuntansi SMK Swasta Jambi Medan yang berjumlah 142 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan p-value dengan uji signifikansi lebih kecil dari 0,05.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Dari data perhitungan, untuk hipotesis lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,028 < 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Selanjutnya untuk hipotesis motivasi belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000< 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Kemudian untuk hipotesis disiplin belajar berpengaruh terhadap terhadap kemandirian belajar siswa diperoleh p-value lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000< 0,05) yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV697.11 Families. Mothers. Widow's pensions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:08
Last Modified: 17 Jan 2023 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50095

Actions (login required)

View Item
View Item