Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas V.

Zaky, Naufal (2022) Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas V. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8206182024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8206182024 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8206182024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8206182024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8206182024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8206182024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8206182024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8206182024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8206182024 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8206182024 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8206182024 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8206182024 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8206182024 PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8206182024 PICTURES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8206182024 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8206182024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8206182024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8206182024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8206182024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8206182024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8206182024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8206182024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar PPKn siswa kelas V; (2) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V; (3) Pengaruh signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat dan hasil belajar PPKn siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Teladan Guppi Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi yang berjumlah 44 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V-B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji Two Way ANOVA yang dapat dilihat pada hasil Test of Between-Subjects Effects menggunakan bantuan SPSS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;

(1) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar PPKn siswa kelas V di MI Teladan Guppi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan dan nilai ℎ = 16,742 > = 4,38; (2) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V di MI Teladan Guppi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai signifikansi 0,049 < 0,05 dan nilai ℎ sebesar 4,426 > = 4,38; (3) Ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi berbantuan video terhadap minat belajar dan hasil belajar PPKn siswa kelas V MI Teladan Guppi. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai signifikansi 0,011 < 0,05 sehingga 0 ditolak dan 1 diterima. Terdapat interaksi antara model pembelajaran Demonstrasi berbantuan video dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn pada siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Zak p
Keywords: Metode Demonstrasi, Minat Belajar, Hasil Belajar PPKn.
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:14
Last Modified: 23 Nov 2022 06:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49318

Actions (login required)

View Item
View Item