Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDS PAB 25 Medan. Tesis. Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Medan. 2022

Silaban, Desy Crismas (2022) Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDS PAB 25 Medan. Tesis. Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Medan. 2022. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8206181007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8206181007 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8206181007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8206181007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8206181007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8206181007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8206181007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8206181007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8206181007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8206181007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8206181007 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8206181007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8206181007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8206181007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 8206181007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 8206181007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8206181007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8206181007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan buku ajar siswa merupakan hambatan pembelajaran berbasis KPS. Buku pendamping guru dan buku paket siswa yang digunakan sebagai panduan dalam pembelajara belum sepenuhnya lengkap, Keterbatasan inilah yang menyebabkan KPS belum secara efektif merata khususnya untuk pembelajaran dengan pola belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan model 4D (four D) Thiagarajan. Pengambilan data menggunakan instrumen penilaian untuk ahli materi, ahli desain, ahli media pembelajaran dan tes hasil belajar. Hasil penelian pengembangan ini berupa produk buku ajar yang memenuhi syarat kelayakan dengan hasil validasi materi dinyatakan layak, ahli desain dinyatakan layak dan ahli media pembelajaran dinyatakan layak digunakan di lapangan. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi diperoleh hasil rata-rata persentesate 91,87% dikategorikan “sangat baik”. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media pembelajaran rata-rata 92,88% dikategorikan “sangat baik”. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran diperoleh rata-rata 94,79% dikategorikan “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar IPA berbasis keterampilan proses sains lebih efektif untuk meningkatkan berfikir kritis siswa daripada buku ajar konvensional pada pokok bahasan Energi dan Perubahannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Buku Ajar, Keterampilan Proses Sains, Model 4D
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:53
Last Modified: 01 Dec 2022 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49255

Actions (login required)

View Item
View Item