Peran Guru Ppkn Dalam Membangun Nasionalisme Berbasis Multikultural Siswa Kelas XI Sman 14 Medan

Manurung, Melva Adelia (2022) Peran Guru Ppkn Dalam Membangun Nasionalisme Berbasis Multikultural Siswa Kelas XI Sman 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 3173311030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 3173311030 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 3173311030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 3173311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 3173311030 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 3173311030 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 3173311030 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf]
Preview
Text
4. NIM 3173311030 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 3173311030 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 3173311030 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 3173311030 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 3173311030 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 3173311030 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 3173311030 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 3173311030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 3173311030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 3173311030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 3173311030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 3173311030 BLIBIOGRAPHI.pdf]
Preview
Text
13. NIM 3173311030 BLIBIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana membangun nasionalisme berbasis multikultural di SMA Negeri 14 Medan. Pendidikan multikultural diterapkan melalui strategi dan konsep pendidikan berbasis pemanfaatan keberagaman yang pada peserta didik, misalnya keberagaman etnis, budaya, bahasa, agama, gender, usia dan kemampuan. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian di SMA Negeri 14 Medan tepatnya dijalan pelajar timur gang darmo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data menarik kesimpulan. Dengan guru yang akan diwawancarai. Hasil penelitian yang didapat dari informan Ibu Elfitryah sebagai guru mata pelajaran PPKn di sekolah SMAN 14 Medan. Dimana ada 5 indikator penting dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan faktor penghambat. Pendidikan multikultural sudah berjalan dengan baik. Artinya seorang guru memang harus jadi panutan. Baik dari berperilaku disekolah, cara mengajar, dan paling penting cara memahami serta mengetahui karakter dari masing-masing siswanya. pendidikan multikultural adalah pendidikan yang menanamkan sikap toleransi, menghargai, dan menghormati keragaman ras, etnis, budaya, agama, bahasa, sosial,ekonomi, jenis kelamin sehingga dapat menerima dan hidup bersama dalam keragaman tersebut tanpa menimbulkan permasalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PKN-030
Keywords: Peran Guru Pkn; Multikultural; Membangun Nasionalisme
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 02 Nov 2022 06:35
Last Modified: 02 Nov 2022 06:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48517

Actions (login required)

View Item
View Item