PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LAJU REAKSI

Rosita, Linda (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173131020 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173131020 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173131020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173131020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173131020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173131020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173131020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173131020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173131020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173131020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173131020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173131020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173131020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173131020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173131020 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173131020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya variasi bahan ajar dikembangkan disekolah. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang bahan ajar modul elektronik berbasis problem based learning pada materi laju reaksi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian pengembangan ini menggunakan lembar validasi dan angket tanggapan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Modul divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen kimia sebagai validator ahli materi dan 1 orang dosen kimia sebagai validator ahli media. Pada proses praktikalitas modul elektronik di uji cobakan pada 3 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase penilaian pada validasi bahan ajar oleh ahli materi sebesar 88% dan ahli media sebesar 92% dengan kriteria penilaian sangat valid, dan persentase penilaian pada uji praktikalitas guru berdasarkan aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan aspek penilaian problem based learning diperoleh persentase sebesar 93% dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 102
Keywords: Modul elektronik; Problem based learning; Laju reaksi; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Oct 2022 04:07
Last Modified: 13 Oct 2022 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48340

Actions (login required)

View Item
View Item