GAMBAR DIAM DAN ANIMASI: VISUALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA DALAM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Manalu, Kartika (2014) GAMBAR DIAM DAN ANIMASI: VISUALISASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MAHASISWA DALAM MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Sistem peredaran darah manusia merupakan salah satu materi pembelajaran biologi yang mengandung urutan proses dinamis yang kompleks dan konsep-konsep abstrak. Visualisasi merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai proses dinamis dan konsep abstrak dalam sistem peredaran darah manusia. Visualisasi yang digunakan dapat berbentuk gambar diam atauanimasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh gambar diam dan animasi dalam meningkatkan hasil belajar biologi mahasiswa pada sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan menggunakan rancangan penelitian pretest-postest control group design. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode statistik parametrik, uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara gambar diam dan animasi dalam penilaian hasil belajar biologi mahasiswa untuk kemampuan berpikir tingkat rendah. Hasil belajar biologi mahasiswa yang dibelajarkan dengan animasi lebih tinggi dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan gambar diam.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Call Number: 570 Kar g
Keywords: Visualisasi; Biologi; Gambar diam; Animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2016 08:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4824

Actions (login required)

View Item View Item