EFEKTIFITAS STRATEGI MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) KELAS X SMA SWASTA R.A. KARTINI SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Nugrahalia, Meida and Kurniawan, Angraini (2014) EFEKTIFITAS STRATEGI MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) KELAS X SMA SWASTA R.A. KARTINI SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran mnemonik pada materi pokok dunia tumbuhan (Plantae) kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 76 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 yang berjumlah 38 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan strategi mnemonik adalah 50,26 sedangkan setelah diterapkan strategi mnemonik adalah 78,68. Efektifitas strategi pembelajaran mnemonik dapat dilihat dari empat indikator yaitu tingkat penguasan siswa, ketuntasan belajar siswa, ketercapaian tujuan pembelajaran khusus, dan hasil observasi. Hasil analisa data diperoleh bahwa tingkat penguasaan siswa sebesar 78,68%, 92,11% telah tuntas belajar,tujuan pembelajaran khusus dinyatakan 80% tuntas, dan kegiatan pembelajaran dengan strategi mnemonik sangat baik. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi mnemonik efektif untuk digunakan pada materi pokok dunia tumbuhan (Plantae) kelas XSMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Call Number: 570 Kur e
Keywords: Strategi pembelajaran; Mnemonik; Dunia tumbuhan; Efektivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2016 04:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4814

Actions (login required)

View Item View Item