Tambunan, Mega Wati (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Graphical Users Interface (Gui) Pada Mata Pelajaran Istalasi Penerangan Listrik Di Kelas Xi Titl Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5162131017 COVER.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
2. NIM 5162131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 5162131017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
4. NIM 5162131017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
5. NIM 5162131017 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
6. NIM 5162131017 FIGURES.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
7. NIM 5162131017 TABLES.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
8. NIM 5162131017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
9. NIM 5162131017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 10. NIM 5162131017 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 5162131017 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 11. NIM 5162131017 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 5162131017 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of 12. NIM 5162131017 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 5162131017 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 13. NIM 5162131017 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 5162131017 CHAPTER V.pdf
Download (560kB)
![[thumbnail of 14. NIM 5162131017 BIBIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
14. NIM 5162131017 BIBIOGRAPHY.pdf
Download (559kB)
![[thumbnail of 15. NIM 5162131017 ENDCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
15. NIM 5162131017 ENDCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Mengembangkan media pembelajaran berbasis Graphical Users Interface (GUI) pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI SMK dan untuk Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Graphical Users Interface (GUI) pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI SMK. Adapun metode Penelitian yang digunakan merupakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four D model) yang terdiri dari: define (pendefinisan), design (perancangan), development (pengembangan), dessiminate (penyebaran). Namun pada kesempatan kali ini penulis tidak menyebarkan kepada siswa karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan dan penulis hanya melakukan pengujian dan penyebaran kepada validator ahli media dan ahli materi saja. Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis Graphical User Interface (GUI) pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai berikut : Nilai rata yang diberikan oleh ahli validasi media (baik validator 1 maupun 2) sebesar 4.67 terkstegori sangat layak dan untuk validasi materi nilai rata yang diberikan oleh ahli validasi materi (baik validator 1 maupun 2) sebesar 4.10 dan terkategori layak. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Graphical Users Interface (GUI) ini sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran terkhususnya pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran, Graphical Users Interface (GUI), Model 4-D (Four D model), Instalasi Penerangan Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 08:19 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47148 |