PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMAMPUAN KOORDINASI TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 GUNUNGSITOLI

Daeli, Nikodemo (2015) PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEMAMPUAN KOORDINASI TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET SISWA SMA NEGERI 1 GUNUNGSITOLI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
Judul Tesis.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan, Persetujuan, Plagiat.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Simpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar shooting bola basket siswa yang diajar dengan gaya mengajar inklusi lebih tinggi dibandingkan dengan gaya mengajar latihan, (2) hasil belajar shooting bola basket siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan koordinasi mata tangan rendah, (3) terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar shooting bola basket siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa putera kelas XI SMA Negeri 1 Gunungsitoli yang berjumlah 145 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 67 orang. Data dikumpulkan dengan cara tes dan pengukuran di lapangan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur koordinasi mata tangan adalah wall pass test dan untuk mengukur hasil belajar shooting bola basket adalah speed spot shooting test. Metode penelitian yang digunakan adalan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar shooting bola basket siswa yang diajar dengan gaya mengajar inklusi lebih tinggi dibandingkan dengan gaya mengajar latihan (Fhitung = 7,95 > Ftabel = 3,99), (2) hasil belajar shooting bola basket siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan koordinasi mata tangan rendah (Fhitung = 7,31 > Ftabel = 3,99), (3) terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan koordinasi mata tangan terhadap hasil belajar shooting bola basket siswa (Fhitung = 123,95 > Ftabel = 3,99). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan gaya mengajar inklusi lebih tepat digunakan bagi siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan gaya mengajar latihan lebih tepat digunakan bagi siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk mengembangkan dan memilih gaya mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Sahat196101041987031017
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 372.86 Dae p
Keywords: Hasil belajar; Shooting bola basket; Gaya mengajar; Hakikat koordinasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4674

Actions (login required)

View Item View Item