PENGEMBANGAN MODUL WRITING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IHSAN KABUPATEN ACEH TIMUR

Nurlina (2015) PENGEMBANGAN MODUL WRITING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IHSAN KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8136122041COVER .pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136122041COVER .pdf.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136122041 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136122041 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8136122041 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136122041 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8136122041 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136122041 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136122041 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136122041 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136122041 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136122041 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136122041 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136122041 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136122041 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136122041 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136122041 CHAPTER 1.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136122041 CHAPTER 1.pdf.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136122041 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136122041 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136122042 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136122042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul yang layak digunakan, efektif, efisien dan berdaya tarik sehingga dapat digunakan siswa dalam belajar (2) untuk mengetahui keefektifan modul yang dikembangkan pada materi teks recount. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Metode penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yang mana pada tahap I merupakan tahap uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas; adapun pada tahap II merupakan uji efektifitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektifitas modul yang dikembangkan.
Subjek uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi pelajaran Bahasa Inggris, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 31 orang siswa untuk uji coba lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (90%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (90%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (81,29%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (85,33%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (94,66%), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (89,63%).
Produk akhir dari pengembangan modul ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X SMA N 1 Darul Ihsan kabupaten Aceh Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan modul, dan 26 siswa lainnya sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan buku teks.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkangan menggunakan modul dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 5,457 > ttabel =2,010, dengan dk = (n1+n2 – 2) pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan modul sebesar 77,23% lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks sebesar 70,19%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.623 Nur p
Keywords: Buku teks; Bahasa inggris; Modul jurnal; Writing contextual teaching learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:03
Last Modified: 26 Apr 2016 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4665

Actions (login required)

View Item
View Item