Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media IT dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA dan Kecakapan Sosial pada Siswa Kelas VI SD No. 067097 Medan

Mahdalena, (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Media IT dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA dan Kecakapan Sosial pada Siswa Kelas VI SD No. 067097 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8186182016 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
2. NIM. 8186182016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text
3. NIM. 8186182016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text
4. NIM. 8186182016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text
5. NIM. 8186182016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
6. NIM. 8186182016 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text
7. NIM. 8186182016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
8. NIM. 8186182016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text
12. NIM. 8186182016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text
13. NIM. 8186182016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh team quiz dan motivasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa, serta pengaruhnya terhadap kecakapan sosial. Model yang dipakai adalah model team quiz. Team Quiz adalah salah satu model pembelajaran koperatif. Pembelajaran koperatif tidak hanya unggul dalam membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit, tetapi juga sangat berguna untuk menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis, kemampuan sosial, dan menghargai teman. Jenis dari penelitian ini adalah jenis eksperimen kuasi dengan desain faktorial dua faktor. Sampel penelitian ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari kelas VI-A sebanyak 25 siswa, dan VI-B sebanyak 25 siswa. Data pada penelitian ini di peroleh dari hasil penyebaran instrumen berupa tes hasil belajar IPA dengan soal yang sama pada saat pretes dan postes namun pada rentang waktu yang berbeda. Sedangkan motivasi dan kecakapan sosial menggunakan angket yang telah di validasi. Setelah angket disebar, di dapati hasil kelas kontrol dengan motivasi tinggi sebanyak 12 siswa, sedangkan motivasi rendah 13 siswa, dan kelas eksperimen dengan motivasi tinggi 13 siswa dan motivasi rendah 12 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh team quiz terhadap belajar IPA dengan nilai rata-rata hasil belajar 77,76. Terdapat pengaruh team quiz terhadap kecakapan sosial siswa. Hasil yang di peroleh adalah 39,74. Dari data yang di peroleh tersebut, dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 28% dan kecakapan sosial meningkat sebesar 32%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, nidn0024046413
Thesis advisorNur'aini, nidn0020065907
Call Number: 372.3 Mah p
Keywords: Pengaruh; Team Quiz; Motivasi; Hasil Belajar; Kecakapan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46631

Actions (login required)

View Item View Item