KONSTRUKSI SOFTWARE DAN HARDWARE APLIKASI ADMINISTRASI BATERAI TES KEBUGARAN TERINTEGRASI UNTUK MENDETEKSI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI

LPPM Universitas Negeri Medan (2021) KONSTRUKSI SOFTWARE DAN HARDWARE APLIKASI ADMINISTRASI BATERAI TES KEBUGARAN TERINTEGRASI UNTUK MENDETEKSI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI. EC00202184838.

[thumbnail of Sertifikat_EC00202184838.pdf]
Preview
Text
Sertifikat_EC00202184838.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini membuat orang ingin selalu berkreasi dan memicu untuk membuat sesuatu yang baru dimana dapat di aplikasikan serta dapat digunakan dengan mudah dan praktis. Ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang olahraga ditingkal global semakin maju terutama dampak hasil riset tentang pemanfaatan teknologi tepat guna yang diperuntukkan bagi kemaslahatan umat khususnya pemenuhan kebutuhan akan kemudahan dan keefektifan. Mengingat begitu sentralnya peran iptek bagi kemajuan olahraga maka sudah saatnya riset/penelitian harus mampu menghasilkan produk teknologi tepat guna untuk membantu pelaku olahraga mengimplementasikannya dalam kegiatan olahraga bahkan dapat meningkatkan prestasi atlet dan memajukan olahraga suatu bangsa.
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya yang dikompilasi menjadi satu bentuk beterai tes kebugaran untuk mendeteksi tingkat kebugaran dalam kerangka administrasi digital terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk hardware alat tes kebugaran jasmani dan software aplikasi administrasi tes kebugaran terintegrasi. Secara khusus Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Menghasilkan produk hardware alat tes kebugaran digital dan (2) menghasilkan software administrasi baterai tes kebugaran yang terintegrasi secara digital terinegrasi dan (3) kerjasama kemitraan dengan DUDI untuk mendapatkan nilai komersial melalui penerapan bisnis plan hasil uji layak industri.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) Model Borg and Gall. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian peneliti sebelumnya tentang pengembangan alat tes daya tahan (shuttle tools), tes pus-up, sit-up dan pull-up (tools up), tes kelincahan (side step). Dari jenis baterai tes yang belum tercapai adalah tes daya ledak otot tungkai (vertical jump) dan tes kelentukan (fleksibility).
Berdasarkan capaian penelitian sebelumnya maka secara umum penelitian ini dibagi menjadi 2 bahagian yaitu (1) Tahap 1: pengembangan alat tes daya ledak ooto tungkai dan kelentukan, (2) Tahap 2: pengembangan software aplikasi administrasi baterai tes kebugaran jasmani. Sedangkan secara umum penelitian. Langkah-langkah penelitian ini sebagai berikut: (1) Tahap Pra Pengembangan yaitu analisis kebutuhan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi awal dan tingkat kebutuhan produk. (2) Tahap Pengembangan yaitu; merancang draf awal, uji coba lapangan kecil, besar, dan produksi final produk alat ukur vertical jump dan fleksibility digital yang serta aplikasi software administrasi baterai tes kebugaran. dan (3) Tahap Penerapan yaitu; Pelaksanaan Tes bagi pelaku olahraga berbasis software untuk melihat uji efektivitas dan diseminasi.
Target luaran yang akan dicapai sebagai berikut: 1) Artikel publikasi ilmiah pada Jurnal nasional terakreditasi dan/atau Jurnal International bereputasi dan/atau Prosiding Pada Seminar Internasional /submit, (2) KI prototife (terdaftar) (3) Alat teknologi hardware dan software tepat guna yang telah diuji industri (4) Karya teknologi yang siap dikomersilkan (5) Dokumen Kerjasama dengan Mitra dalam bentuk bussines plan.

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV435 Physical measurements. Physical tests, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:41
Last Modified: 09 Aug 2022 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46503

Actions (login required)

View Item
View Item