Inovasi Virtual Laboratory Terintegrasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA

Miranda, Ayu (2022) Inovasi Virtual Laboratory Terintegrasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8196142002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8196142002 COVER.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 2. 8196142002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8196142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8196142002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8196142002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 4. 8196142002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8196142002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 5. 8196142002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8196142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 6. 8196142002 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8196142002 TABLES.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 7. 8196142002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8196142002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 8. 8196142002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8196142002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 9. 8196142002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8196142002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 13. 8196142002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8196142002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 14. 8196142002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8196142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Inovasi teknologi di bidang pendidikan sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media virtual laboratory terintegrasi pedagogical content knowledge yang dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik serta untuk mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar peserta didik, dan respon guru serta peserta didik terhadap media. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas XI MA, dengan menggunakan instrumen analisis data berupa tes hasil belajar dan angket, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji korelasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa media media virtual laboratory terintegrasi pedagogical content knowledge hasil pengembangan telah valid (sangat layak) digunakan berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dengan perolehan rata-rata keseluruhan sebesar 3.82. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media virtual laboratory terintegrasi pedagogical content knowledge telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu dengan perolehan nilai sebesar 87.65 dan media dapat memotivasi belajar peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata motivasi sebesar 85.02%. Hubungan motivasi dan hasil belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan perolehan koefisien korelasi sebesar 0.630 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 serta respon guru dan peserta didik terhadap penggunaan media sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi respon guru sebesar 96.4% dan peserta didik sebesar 88.58%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.307 2 Mir i
Keywords: virtual laboratory; pedagogical content knowledge; research and development (r&d); motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:03
Last Modified: 19 Jul 2022 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46462

Actions (login required)

View Item
View Item