PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI SESUAI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN BERBASIS PROYEK

Purba, Friska Juliana (2015) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI LAJU REAKSI SESUAI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN BERBASIS PROYEK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136142010 Cover.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136142010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136142010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136142010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136142010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136142010 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136142010 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136142010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136142010 Bab I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136142010 Bab V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8136142010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan penuntun praktikum laju reaksi sesuai dengan model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek. (2) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar secara signifikan yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek. (3) Mengetahui bagaimana efektivitas yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum model pembelajaran penemuan dan berbasis proyek. Lokasi penelitian yaitu SMA Methodist-1 Medan. Sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajar menggunakan penuntun praktikum sesuai model penemuan dan kelas eksperimen II yang diajar menggunakan penuntun praktikum sesuai model pembelajaran berbasis proyek. Sebelum dilakukan penelitian penuntun praktikum telah disusun, divalidasi oleh dosen dan guru yang ahli dibidangnya dan diujicobakan ke sekolah. Berdasarkan hasil tabulasi angket diperoleh bahwa nilai rata-rata dari model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata dari model pembelajaran penemuan. Sehingga diperoleh bahwa penuntun praktikum sesuai model berbasis proyek lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan penuntun praktikum sesuai model pembelajaran penemuan. Sedangkan setelah diujicobakan dan diperoleh hasil belajar kelas eksperimen I dimana rata-rata nilai pretes sebesar 56,50 dan rata-rata nilai postes sebesar 76,00. Sedangkan di kelas eksperimen II rata- rata nilai pretes sebesar 55,00 dan rata-rata nilai postes sebesar 75,00. Sehingga menurut data hasil belajar siswa diperoleh bahwa penuntun praktikum sesuai model pembelajaran penemuan lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan penuntun praktikum sesuai model pembelajaran berbasis proyek. Hal ini terbukti karena siswa pada kelas eksperimen I yang menggunakan penuntun praktikum dengan model Penemuan pada implementasinya melakukan praktikum dengan sepenuhnya mengikuti prosedur praktikum dengan alat dan bahan yang juga telah disediakan menjadikan siswa secara merata memahami pekerjaan praktikum tersebut sedangkan pada kelas ekperimen II menuntut siswa untuk merancang sendiri praktikum, serta menentukkan alat dan bahan dengan mencari sendiri secara berkelompok. Penerapan model praktikum seperti ini masih belum dapat sepenuhnya dilakukan di sekolah, karena kemampuan antara siswa belum merata sehingga dalam satu kelompok praktikum ada siswa yang mendominasi pengerjaan praktikum dan yang lainnya hanya sebagai pengamat saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Thesis advisorSilaban, Ramlan1960061181987031002
Call Number: 541.370 12 Pur p
Keywords: Pengembangan Penuntun Praktikum; Model Penemuan; Model Berbasis Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item