MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA SMP ST. IGNASIUS MEDAN MELALUI STRATEGY DRTA

Nainggolan, Maria Friska (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA SMP ST. IGNASIUS MEDAN MELALUI STRATEGY DRTA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106111021 Cover.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106111021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106111021 Abstrak.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106111021 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106111021 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106111021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106111021 Bab I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106111021 Bab V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 8106111021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahan siswa melalui strategi DRTA. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan sebuah strategi belajar dan mengajar yang terjadi, khususnya, mengajar keahlian membaca. Strategi ini dipilih karena strategi ini diyakini mampu merangsang atau mengaktifkan siswa untuk lebih terlibat dalam kegiatan-kegiatan membaca dan menfasilitasi siswa untuk memahami bacaan, khususnya teks reporti. Jadi, penelitian ini diarahkan untuk memecahkan masalah praktis dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan membaca siswa SMP ST.IGNASIUS dapat ditingkatkan melalui strategi DRTA? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang merupakan kolaborasi antara peneliti dengan kolaborator sebagai sebuah tim yang bekerjasama dalam merancang rencana pembelajaran, melaksanakan tindakan, mengamati tindakan, dan merefleksikan tindakan. Subyek penelitian adalah tiga puluh siswa kelas XI B SMP ST.IGNASIUS pada tahun akademik 2003/2014. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang mengacu pada prosedur penelitian tindakan yaitu: planning, action, observation, analysis and reflection. Tiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tiga pertemuan untuk pelaksanaan teknik dan satu pertemuan untuk pemberian test. Data penelitian dikumpulkan melalui test membaca, lembar observasi ceklist, dan catatan lapangan diakhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi DRTA telah berhasil dalam meningkatkan kemampuan siswa memahami teks bahasa Inggris (report texts) dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pemahaman teks. Perbaikan dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari studi pendahuluan sampai Siklus 2. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 58.66 ke 80.33 Nilai rata-rata siswa menunjukkan lebih tinggi dari nilai yang ditetapkan pada kriteria kesuksesan, yaitu 80 persen dari 30 siswa yang memperoleh nilai lebih dara70. Nilai-nilai individu siswa yang telah ditetapkan pada kriteria kesuksesan dapat dicapai. Hal yang berkaitan dengan keterlibatan siswa, sebagian besar siswa (93.33%) telah terlibat secara aktif dalam tahap-tahap kegiatan membaca pada Siklus yang diperoleh dari lembar observasi ceklist, dan catatan lapangan. Prosedur yang sesuai strategi DRTA dalam mengajar pemahaman membaca meliputi langkah-langakah sebagai berikut: 1) menciptakan suasana kelas di mana siswa bebas untuk menyatakan ide-ide dan pemikiran mereka; 2) memperkenalkan tujuan DRTA; 3) membagi siswa ke dalam kelompok dan memberikan salinan teks kepada siswa; 4) menentukan teks yang akan digunakan dan menentukan jeda bagi siswa untuk berhenti sejenak selama proses membaca, dan memberikan contoh bagaimana untuk membuat prediksi.;5) menjelaskan pengetahuan yang terkait dengan isi topik dengan menerapkan strategi DRTA; 6) meminta kelompok untuk membuat daftar petunjuk berbeda tentang teks; 7) membantu siswa memahami bahwa gambar dan judul akan membantu mereka memprediksi apa yang akan mereka baca, yang akan membantu mereka memahami materi.;8) meminta setiap kelompok mendiskusikan teks dan menuliskan prediksi mereka pada lembar yang telah disediakan ;9) meminta setiap kelompok untuk membacakan prediksinya dan memberikan alasannya ; 10) meminta setiap kelompok untuk membandingkan prediksi mereka dengan isi teks; 11) meminta setiap kelompok untuk menganalisa prediksi mereka dan menentukan seberapa baik mereka memprediksi teks tersebut.Berdasarkan prestasi siswa menggunakan strategi DRTA dalam memahami teks bahasa Inggris, khususnya pada report teks, disarankan pada guru bahasa Inggris untuk menerapkan strategi ini sebagai salah satu dari banyak alternatif yang dapat diaplikasikan dalam mengajar keahlian membaca. Kepada peneliti lain, khususnya yang berminat dalam meneliti strategi jaring didalam penelitiannya, dianjurkan untuk melakukan penelitian tindakan kelas dan menerapkan teknik ini pada pengajaran pemahaman membaca dengan jenis teks bahasa Inggris yang berbeda, seperti teks: deskripsi, narasi, recount, adan prosedur atau pada keterampilan bahasa yang lain yaitu menulis. Ketiga, hasil penelitian bisa memberikan kontribusi dalam perbaikan pembelajaran untuk memahami text pada siswa kelas 9B di SMP ST.IGNASIUS. Untuk para peniliti kedepan, penerapan suatu strategy khusus dalam kelas membaca dengan menggunakan strategy DRTA bisa menjadi rujukan dalam bentuk stategy yang sama

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSantoso, Didik196606161994031006
Thesis advisorSetia, Eddy195704121984031001
Call Number: 418.407 12 Nai i
Keywords: Reading Comprehension; Schema Activation; Raeder Variable
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

View Item View Item