Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Bakery Pastry Program Studi Tata Boga Fakultas Teknik Unimed

Ingtyas, Fatma Tresno (2016) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Bakery Pastry Program Studi Tata Boga Fakultas Teknik Unimed. In: Seminar Hilirisasi Penelitian 2016, 21 Desember 2016, Digital Library, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Peer Review.pdf]
Preview
Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview

Abstract

Kompetensi dosen terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam rangka perancangan strategi dan model pembelajaran yang inovatif, merupakan visi Program Studi Tata Boga. Pembelajaran mata kuliah Bakery dan Pastry merupakan matakuliah praktikum yang harus dikuasai oleh mahasiswa tata boga agar mampu meningkatkan kreatifitasnya, sementara kenyataannya, hasil belajar mahasiswa menunjukkan bahwa belum banyak mahasiswa yang memiliki keterampilan, sehingga belum mencapai kompetensi yang diharapkan.
Penyampaian materi pembelajaran merupakan komponen isi pesan dalam kurikulum yang harus disampaikan kepada mahasiswa sebagai ilmu untuk kemudian dikembangkan, yang pada penelitian ini adalah pengembangan strategi pembelajaran menggunakanpendekatan saintifik. Ruang lingkup materi pembelajaran telah tersusun secara sistematis dalam struktur organisasi kurikulum dalam hal ini adalah standar isi. Tahap penelitian dan pengembangan media pembelajaran dengan pendekatan saintifik dianalisis dari serangkaian tugas dosen dalam menjalankan tugas pokoknya yaitu mulai dari merancang, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran. Sistem pembelajaran yang dikembangkan bermakna luas, karena sistem terdiri dari komponen input, proses dan output. Komponen input pembelajaran terdiri dari karakteristik mahasiswa, karakteristik dosen, dan sarana prasarana dan perangkat pendukung pembelajaran. Komponen proses menitikberatkan pada strategi, model, dan metode pembelajaran. Komponen output berupa hasil dan dampak pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) langkah-langkah pengembangan multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flas, (2) sejauh mana efektifitas hasil belajar Bakery Pastry dengan pendekatan sintifik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: multimedia interaktif berbasis Adobe Flash Cs6; pendekatan saintifik; mata kuliah bakery pastry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
T Technology > TX Home economics
T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:20
Last Modified: 02 Mar 2022 09:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45608

Actions (login required)

View Item
View Item