Software Adobe Flash Player dan Peran Self Efficacy untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IIS MAN 1 Padang Lawas T.P 2020/2021

Rohimah, Laila (2021) Software Adobe Flash Player dan Peran Self Efficacy untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X IIS MAN 1 Padang Lawas T.P 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. 8186166009 COVER.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
2. 8186166009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
3. 8186166009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
4. 8186166009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
5. 8186166009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
6. 8186166009 TABLES.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
7. 8186166009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
8. 8186166009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
9. 8186166009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
13. 8186166009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text
14. 8186166009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan sofware Adobe Flash Flayer pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS MAN 1 Padang Lawas. Media yang dikembangkan dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini adalah suatu peneltian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui interaksi Self Efficacy dengan penggunaan media dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Padang Lawas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS MAN1 Padang Lawas yang terdiri dari tiga kelas dan berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan Software Adobe Flash Player yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS. Produk yang dikembangkan, berdasarkan penilaian dari aspek media, desain pembelajaran dan aspek materi yang dilakukan oleh ahli dan juga respon ataupun tanggapan dari siswa diperoleh persentase rata-rata tingkat kelayakan 86,33% sehingga kesimpulannya tergolong dalam kategori “Sangat Layak”. Media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran ekonomi. Hasil belajar siswa yang menggunakan media Adobe Flash Player lebih tinngi dibandingkan dengan media Ms. Power Point. Kemudian, terdapat interaksi antara media pembelajaran dan Self Efficacy terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penggunan sofware Adobe Flash Player lebih baik digunakan pada siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, sedangkan siswa yang memiliki Self Efficacy rendah lebih baik tetap menggunakan Ms. Power Point.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutasuhut, Saidunnidn0030086603
Thesis advisorArwansyah, nidn0012076306
Call Number: 330.72 028 5 Roh p
Keywords: hasil belajar; media; self efficacy; sofware adobe flash player
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45579

Actions (login required)

View Item View Item