Pengembangan Perangkat Berdasarkan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa

Hasanah, Niswa (2020) Pengembangan Perangkat Berdasarkan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8214071020 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text
2. NIM. 8214071020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] Text
3. NIM. 8214071020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
4. NIM. 8214071020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
5. NIM. 8214071020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
6. NIM. 8214071020 TABLES.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text
7. NIM. 8214071020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
8. NIM. 8214071020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text
12. NIM. 8214071020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
13. NIM. 8214071020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, efektif yang dikembangkan berdasarkan berdasarkan pembelajaran kontekstual. (2). Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual dan (3). Menganalisis pencapaian kemandirian belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa (1). Perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria valid (2). Perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis (3). ). Perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Kriteria efektif ditinjau dari: (a) Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal (b) Respon positif siswa (c) Kemampuan guru mengelola pembelajaran (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual pada materi relasi dan fungsi adalah rata-rata pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada uji coba I sebesar 62,3 meningkat sebesar 22,7 menjadi 85 pada uji coba II. (5) Peningkatan kemandirian belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan pembelajaran kontekstual yang dikembangkan mencapai kategori sangat tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvisnidn0025126308
Thesis advisorMinarni, Aninidn0010106511
Call Number: 510.72 Has p
Keywords: contextual learning; learning tools; problem solving ability; student learning independence
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45576

Actions (login required)

View Item View Item