Pengembangan Sumber Belajar Inovatif Berbasis Proyek Untuk Materi Isolasi Pemurnian Dan Identifikasi Senyawa Golongan Flavanoid

Pakpahan, Dessy Novianty (2022) Pengembangan Sumber Belajar Inovatif Berbasis Proyek Untuk Materi Isolasi Pemurnian Dan Identifikasi Senyawa Golongan Flavanoid. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. 8196142005 COVER.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
2. 8196142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
3. 8196142005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
4. 8196142005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
5. 8196142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
6. 8196142005 TABLES.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
7. 8196142005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
8. 8196142005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
9. 8196142005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
13. 8196142005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
14. 8196142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar inovatif berbasis proyek untuk membimbing siswa mempelajari Kimia Analisa Organik. Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) untuk mengembangkan sumber belajar bagi mahasiswa S1. Penelitian ini melibatkan 35 mahasiswa Program Studi Kimia tahun ajaran 2020-2021 dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi langsung, angket dan tes hasil belajar, yang dianalisis menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji t one sampel. Hasil penelitian berdasarkan analisis kebutuhan terkait analisis materi pada silabus dan RPS mahasiswa membutuhkan sumber belajar untuk mengerjakan tugas rutin dan tugas proyek pada analisa kualitatif senyawa organik dan analisis bahan ajar (buku) yang digunakan mahasiswa diproleh buku A= 2.52 (cukup layak) dan buku B = 2,91 (cukup layak), maka dibutuhkan pengembangan sumber belajar inovatif berbasis proyek. Hasil penelitian diperoleh bahwa materi sumber belajar inovatif berbasis proyek hasil pengembangan sangat layak dengan rata- rata keseluruhan 3,55, media sumber belajar inovatif berbasis proyek hasil pengembangan sangat layak dengan rata -rata 3,66. Penggunaan sumber belajar inovatif meningkatkan keterampilan mahasiswa dengan nilai rata-rata 3,25 (sangat terampil) dalam mengerjakan tugas proyek kimia analisa senyawa organik meliputi isolasi, pemurnian dan identifikasi senyawa flavonoid tercapai. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan sumber belajar inovatif berbasis proyek telah mencapai kriteria N-gain tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,75 , dan hasil belajar yang diperoleh mahasiswa dengan rata- rata posttest mahasiswa 86,74. Sedangkan respon mahasiswa terhadap penggunaan sumber belajar inovatif berbasis proyek pada materi isolasi pemurnian dan identifikasi senyawa golongan flavanoid sangat baik dengan nilai rata-rata persentasi jawaban mahasiswa sebesar 86,82%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Marhamnidn0001016328
Thesis advisorSilaban, Saronomnidn0013118001
Call Number: 547.212 072 Pak p
Keywords: Sumber belajar inovatif; project based learning; Kimia Analisa Organik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Feb 2022 10:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45557

Actions (login required)

View Item View Item