ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS KELAS TINGGI DI SD NEGERI 173311 SIBORONG-BORONG T.A 2020/2021

MANIK, YOHANNA PUTRI (2020) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS KELAS TINGGI DI SD NEGERI 173311 SIBORONG-BORONG T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM.1163111082 JUDUL.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
2. NIM. 1163111082 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (802kB)
[img] Text
3. NIM. 1163111082 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text
4. NIM. 1163111082 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (383kB)
[img] Text
5. NIM. 1163111082 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text
6. NIM. 1163111082 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
7. NIM. 1163111082 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
8. NIM. 1163111082 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
9. NIM. 1163111082 BAB I.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text
13. NIM. 1163111082 BAB V.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text
14. NIM. 1163111082 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi covid-19 dan kebijakan pemerintah dalam penerapan pembelajaran jarak jauh yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajarannya sehingga membutuhkan bantuan dan bimbingan dari orang tua mereka selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagimana peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh kelas tinggi di SD Negeri 173311 Siborong-borong T.A 2020/2021. Aspek yang dianalisis yaitu aspek peran sebagai pendidik, pembimbing, motivator dan fasilitator dan aspek peran mana yang lebih tinggi dalam penerapanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian adalah orang tua khususnya ibu dari anak kelas IV, V dan VI SD Negeri 173311 Siborong-borong berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik-deskriptif yang kemudian diinterpretasikan dalam bentuk persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan kategori peran orang tua lebih tinggi masuk kedalam kategori sangat berperan dengan persentase 47%. Kemudian kategori secara berturut-turut yaitu kategori berperan dengan persentase 40%, kategori cukup berperan dengan persentase 13%, kategori tidak berperan dengan persentase 0%. Aspek peran yang lebih tingi dalam pembelajaran jarak jauh adalah aspek peran orang tua sebagai pembimbing. Dimana memiliki persentase kategori sangat berperan lebih tinggi yaitu 67%, kemudian diikuti oleh aspek peran orang tua sebagai fasilitator dengan persentase 50% kemudian aspek peran orang tua sebagai pendidik dengan persentase 23%, dan aspek terakhir yaitu aspek peran orang tua sebagai motivator yaitu sebanyak 17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran jarak jauh kelas tinggi di SD Negeri 173311 Siborong-borong berada dalam kategori berperan yaitu 87% dari yang diharapkan. Dan aspek peran yang lebih tinggi adalah aspek peran orang tua sebagai pembimbing dengan persentasi 67% dan aspek peran yang lebih rendah yaitu aspek peran orang tua sebagai motivator dengan persentase 17%. Disarankan kepada orang tua supaya lebih menerapkan perannya sebagai pendidik, pembimbing, fasilitator dan terkhusus perannya sebagai motivator untuk membantu dan membimbing anak dalam pembelajaranya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Weslynidn0028105712
Keywords: Peran Orang Tua, Pembelajaran Jarak Jauh.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45353

Actions (login required)

View Item View Item