Pengembangan Alat Peraga Indeks Bias Berbantuan Logger Pro di SMA

Siagian, Hana Daforosa R. (2021) Pengembangan Alat Peraga Indeks Bias Berbantuan Logger Pro di SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8176175007 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text
2. NIM 8176175007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. NIM 8176175007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text
4. NIM 8176175007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text
5. NIM 8176175007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text
6. NIM 8176175007 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
7. NIM 8176175007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text
8. NIM 8176175007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
9. NIM 8176175007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (497kB)
[img] Text
13. NIM 8176175007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
14. NIM 8176175007 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (187kB)

Abstract

Pemanfaatan kecanggihan teknologi saat proses pembelajaran sangat penting dalam menganalisis fenomena indeks bias yang bersifat abstrak. Perkembangan teknologi perangkat lunak yang makin pesat, membuat media pembelajaran berupa alat praktikum juga berkembang, yaitu perangkat lunak yang membantu dalam percobaan fisika. Logger Pro merupakan perangkat lunak yang dimanfaatkan sebagai media percobaan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga indeks bias berbantuan logger pro yang valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran fisika. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan tahapan Analyze Design Develop Implement Evaluate (ADDIE). Desain penelitian adalah pre-eksperimental design dengan tipe one-shot case study. Penelitian dilaksanakan di SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil kevalidan alat peraga berdasarkan ahli media dengan persentase nilai 92,3% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan alat peraga berdasarkan respon siswa terhadap alat peraga memperoleh persentase nilai 95,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan alat peraga berdasarkan hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 89,2% siswa tuntas dan hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,4% dengan kategori berhasil. Berdasarkan hasil analisis data, alat peraga indeks bias berbantuan logger pro dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSirait, Makmurnidn0006036305
Thesis advisorJuliani, Ritanidn0015076905
Call Number: 537.607 2 Sia p
Keywords: Alat peraga; indeks bias; logger pro
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45276

Actions (login required)

View Item View Item