PERSEPSI GURU MENGENAI PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD GUGUS 1 KEC. MEDAN DENAI KOTA MEDAN T.A 2020/2021

SIHOMBING, ROMAULIMA (2020) PERSEPSI GURU MENGENAI PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD GUGUS 1 KEC. MEDAN DENAI KOTA MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1163311086_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text
2. NIM. 1163311086_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text
3. NIM. 1163311086_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text
4. NIM. 1163311086_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text
5. NIM. 1163311086_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text
6. NIM. 1163311086_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
7. NIM. 1163311086_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
8. NIM. 1163311086_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
9. NIM. 1163311086_BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text
13. NIM. 1163311086_BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
14. NIM. 1163311086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang semakin pesat. Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari perkembangan IPTEK khususnya pembelajaran tematik. Salah satu perkembangan IPTEK yaitu internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dan seberapa besar pemanfaatan internet dalam pembelajaran tematik di SD Gugus 1 Kec. Medan Denai, Kota Medan T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah guru pembelajaran tematik di SD Gugus 1 Kec. Medan Denai, Kota Medan yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic-deksriptif yang kemudian diinterpretasikan dalam bentuk persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan kategori pemanfaatan internet yang lebih tinggi yaitu kategori tinggi 74,19%. Kemudian kategori sangat tinggi 25,81% kategori sedang dan kategori rendah yaitu 0%. Aspek pemanfaatan yang lebih tinggi dalam pembelajaran tematik adalah aspek pemanfaatan internet sebagai substitusi (pengganti) dengan persentase 80% dari yang diharapkan. Dimana memiliki persentase kategori tinggi yaitu 61,29% dan kategori sangat tinggi yaitu 38,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan internet dalam pembelajaran tematik di SD Gugus 1 Kec. Medan Denai, Kota Medan berada dalam kategori tinggi yaitu 74,19% dari yang diharapkan. Dan aspek pemanfaatan yang lebih tinggi adalah pemanfaatan sebagai substitusi (pengganti) dengan persentase 80% dan aspek pemanfaatan yang lebih rendah adalah aspek pemanfaatan internet sebagai suplemen (tambahan) dan sebagai komplemen (pelengkap) masing-masing 74%. Disarankan kepada guru harus lebih aktif dalam mencari informasi di internet, sehingga guru dapat menemukan ide-ide kreatif terhadap pembelajaran dan materimateri baru yang belum terdapat dalam buku teks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Sortanidn0010065911
Keywords: Pemanfaatan Internet, Pembelajaran Tematik, Perkembangan IPTEK.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Feb 2022 03:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45238

Actions (login required)

View Item View Item