PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANTASI (PAPAN PEMBAGIAN TANPA SISA) PADA MATERI PEMBAGIAN UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI T.A 2019/2020

SIREGAR, QURAITUN AINI ALMI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PANTASI (PAPAN PEMBAGIAN TANPA SISA) PADA MATERI PEMBAGIAN UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI 060912 MEDAN DENAI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1161111078_COVER.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text
2. NIM. 1161111078_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text
3. NIM. 1161111078_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text
4. NIM. 1161111078_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text
5. NIM. 1161111078_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text
6. NIM. 1161111078_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
7. NIM. 1161111078_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
8. NIM. 1161111078_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
9. NIM. 1161111078_BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text
13. NIM. 1161111078_BAB V.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text
14. NIM. 1161111078_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan berdasarkan fakta yang ditemukan dilapangan yang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran guru kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik khususnya pada materi pembagian, siswa masih salah memahami konsep pembagian, siswa masih kesulitan dalam memahami materi pembagian pada pelajaran matematika yang hanya bersumber dari buku, dan kurangnya variasi dalam penggunaan media. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti perlu melakukan tindakan untuk memperkecil permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangan media, yaitu berupa pengembangan media Pantasi dengan menggunakan problem posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara mengembangkan media Pantasi dan untuk mengetahui kelayakan dari media Pantasi pada materi pembagian kelas II SD khususnya SD Negeri 060912 Medan Denai T.A 2019/2020. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 10 tahap penelitian model Borg and Gall. Namun, penelitian dan pengembangan dilakukan hanya sampai pada 5 tahapan dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yairu tahap Research and Information Collection, Planning, Develop Preminary form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri 060912 Medan Denai. Sedangkan validator yang merupakan penilai media yaitu 2 validator berasal dari Dosen dan 1 dari Guru wali kelas II untuk menilai materi dan media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pantasi yang dikembangkan tergolong pada kriteria media pembelajaran yang “Sangat baik” berdasarkan hasil dari penilaian ketiga validator mendapat kategori “Sangat Valid” dengan rincian validator ahli media diperoleh skor dengan rata-rata 96,47% dengan kategori sangat valid. Pada aspek penilaian materi oleh ahli materi diperoleh skor dengan rata-rata 90,90% dengan kategori sangat valid dan aspek penilaian respon guru oleh wali kelas II SD diperoleh skor dengan rata-rata 94,66% dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMailani, Elvinidn0006058107
Keywords: Media, Developing, Kelayakan, Pantasi, Problem Posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45213

Actions (login required)

View Item View Item