MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I TEMA 6 LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI SDN 106810 SAMPALI T.A 2019/2020

MARBUN, SANTA MARIPA (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS I TEMA 6 LINGKUNGAN BERSIH, SEHAT, DAN ASRI SDN 106810 SAMPALI T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1161111092_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
2. NIM. 1161111092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (277kB)
[img] Text
3. NIM. 1161111092_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text
4. NIM. 1161111092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text
5. NIM. 1161111092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text
6. NIM. 1161111092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
7. NIM. 1161111092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
8. NIM. 1161111092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
9. NIM. 1161111092_BAB I.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text
13. NIM. 1161111092_BAB V.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text
14. NIM. 1161111092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN 106810 Sampali. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang berbentuk siklus dengan empat tahap penelitian, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 106810 Sampali yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini berupa keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi keterampilan membaca permulaan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 106810 Sampali meningkat dengan penggunaan media Big Book hal ini dapat dilihat dari hasil Pra tindakan, nilai rata-rata siswa 46,57dengan persentase jumlah siswa yang terampil dalam membaca 12 siswa (31,57%) dan jumlah siswa yang belum terampil dalam membaca 26 siswa (68,42%). Setelah diadakannya Siklus I, rata-rata siswa meningkat 17,59 dari nilai rata-rata Pra tindakan 46,57 menjadi 64,16pada Siklus I. Persentase banyaknya siswa yang terampil dalam membaca pada Siklus I juga meningkat menjadi 22 siswa (57,89%)dan siswa yang belum terampil membaca 16 siswa (42,10%). Nilai rata-rata siswa setelah diadakannya Siklus II juga semakin meningkat sebesar 14,81 dari nilai rata-rata Siklus I 64,16 menjadi 78,97 di Siklus II. Persentase jumlah siswa yang terampil dalam membaca juga meningkat menjadi 32 siswa (84,21%) dan siswa yang belum terampil membaca 6 siswa (15,78%). Hasil observasi aktivitas Guru (peneliti) selama pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media Big Bookdalam setiap pertemuan dapat dilihat pada lampiran. Rekapitulasi hasil observasi peneliti pada Siklus I dalam tiga pertemuan sebesar 68,86% sedangkan rekapitulasi hasil observasi peneliti pada Siklus II dalam tiga pertemuan sebesar 83,33%. Berdasarkan hasil observasi aktivitas Guru (peneliti) dalam pembelajaran dengan menggunakan media Big Book pada Siklus I dan Siklus II diperoleh sebesar 76,09% maka dapat disimpulkan bahwa peneliti mengajar dalam kategori baik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa pada Tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri di Kelas I SDN 106810 Sampali T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanungkalit, Erlindanidn0018075909
Keywords: Big Book dan Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45165

Actions (login required)

View Item View Item