ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD/MI TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KURIKULUM 2013 REVISI TAHUN 2017

SARI, INDAH PERMATA (2020) ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS SISWA KELAS IV SD/MI TEMA BERBAGAI PEKERJAAN KURIKULUM 2013 REVISI TAHUN 2017. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1163111032_COVER.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
2. NIM. 1163111032_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
3. NIM. 1163111032_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
4. NIM. 1163111032_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text
5. NIM. 1163111032_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
6. NIM. 1163111032_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
7. NIM. 1163111032_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
8. NIM. 1163111032_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
9. NIM. 1163111032_BAB I.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text
13. NIM. 1163111032_BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text
14. NIM. 1163111032_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Berbagai pekerjaan berdasarkan pada ketiga indikator kelayakan isi yang ditetapkan oleh BSNP yaitu (1) kesesuaian uraian materi dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) yang terdapat dalam kurikulum tersebut; (2) keakuratan materi; dan (3) ketersediaan materi pendukung pembelajaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Teks Siswa Kelas IV SD/MI Tema Berbagai Pekerjaan Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis dengan analisis persentase yang menggunakan prosedur statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian materi dengan KI dan KD pada keseluruhan buku berada pada skala sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 88,87% kategori sangat layak, (2) Keakuratan Materi pada keseluruhan buku berada pada skala sangat layak dengan persentase sebesar 95%, (3) Ketersediaan Materi Pendukung Pembelajaran keseluruhan buku berada pada skala layak dengan persentase sebesar 75%. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa (1) kesesuaian materi dengan KI dan KD pada keseluruhan buku berada pada skala sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 88,87% kategori sangat layak kekurangan sebesar 11,13% dipengaruhi oleh terdapat beberapa materi pembelajaran yang kurang lengkap, serta terdapat cakupan materi pembelajaran yang kurang luas karena kurang memuat konsep, definisi, prinsip, dan prosedur yang signifikan terhadap pembelajaran, (2) Keakuratan Materi pada keseluruhan buku berada pada skala sangat layak dengan persentase sebesar 95% dipengaruhi oleh prinsip-prinsip yang disajikan secara akurat, serta contoh, fakta serta ilustrasi yang disajikan secara akurat. Kekurangan sebesar 5% dipengaruhi oleh terdapat pembelajaran yang kurang akurat dalam memuat konsep dan defenisi serta salah satu prosedur yang disajikan kurang akurat, (3) Ketersediaan Materi Pendukung Pembelajaran keseluruhan buku berada pada skala layak dengan persentase sebesar 75%, kekurangan sebesar 25% dipengaruhi oleh materi pembelajaran yang kurang disesuaikan dengan perkembangan teknologi, fitur-fitur yang disajikan kurang menyajikan peristiwa terkini, serta kurang mendorong siswa untuk mencari informasi lebih jauh menggunakan internet hanya menggunakan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akdennidn0031125642
Keywords: Kelayakan Isi, Buku Teks Siswa, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45116

Actions (login required)

View Item View Item