HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM TEMA 1 “INDAHNYA KEBERSAMAAN” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101964 JAHARUN A KECAMATAN GALANG

SAMOSIR, DENADA SINTA (2020) HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM TEMA 1 “INDAHNYA KEBERSAMAAN” PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101964 JAHARUN A KECAMATAN GALANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1161111018_COVER.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text
2. NIM. 1161111018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text
3. NIM. 1161111018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
4. NIM. 1161111018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text
5. NIM. 1161111018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text
6. NIM. 1161111018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
7. NIM. 1161111018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
8. NIM. 1161111018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text
9. NIM. 1161111018_BAB I.pdf - Published Version

Download (618kB)
[img] Text
13. NIM. 1161111018_BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text
14. NIM. 1161111018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pemberian reward dan punishment terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101964 Jaharun A Kecamatan Galang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA sebanyak 41 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa yang memiliki alat komunikasi handphone dan sosial media whatsapp sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket skala likert dan tes hasil belajar. dan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. Berdasarkan analisis deskriptif data diketahui pemberian reward dan punishment yang dilakukan termasuk sedang dengan nilai rata-rata 55,12. Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101964 Jaharun A termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 17. Hasil perhitungan korelasi diperoleh nilai rxy> rtabel yaitu 0,451 > 0,308 (a = 0.05) maka terdapat korelasi dengah arah positif. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 3,533 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar krisis pada tabel ujit terhadap alpha 0,05 sebesar 2,022 artinya thitung> ttabel (3,533 > 2,022). Dalam hal ini berarti hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemberian reward dan punishment dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101964 Jaharun A Kecamatan Galang terbukti kebenarannya dan dapat diterima”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Yusnadinidn0009016109
Keywords: Reward dan Punishment, Hasil Belajar, Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jan 2022 09:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45077

Actions (login required)

View Item View Item