PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI TEMA IV JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SDN 118256 BATU AJO I T.A 2020/2021

HASIBUAN, RASMI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI TEMA IV JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SDN 118256 BATU AJO I T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1163311079_COVER.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
2. NIM. 1163311079_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
3. NIM. 1163311079_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
4. NIM. 1163311079_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text
5. NIM. 1163311079_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
6. NIM. 1163311079_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
7. NIM. 1163311079_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text
8. NIM. 1163311079_BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text
12. NIM. 1163311079_BAB V.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text
13. NIM. 1163311079_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis karangan Narasi masih tergolong relatif rendah disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunan model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan Narasi Tema III Jenis-Jenis Pekerjaan kelas IV SDN 118256 Batu Ajo I. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental) yang dilakukan kepada kedua kelompok yang dikenai perlakuan tidak setara/sama yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji analisis statistik deskriptif dan uji analisis inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 66,94, dengan simpangan baku 6,53 lebih rendah dibandingkan dengan kelas eksperimen dengan penggunaan model picture anda picture memperoleh nilai rata-rata yang diperoleh 90,09 dengan simpangan baku 3,97. Pengujian hipotesis diperoleh thitung 9,57 sedangkan ttabel dengan <0,05 dk 62 adalah 1,66. Dengan demikian (thitung>ttabel) atau (9,57>1,66). Hasil pengujian dapat diketahui nilai t hitung, sehingga keputuanya menolak H0. terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata tes keterampilan menulis karangan narasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunan pengaruh model pembelajaran picture and picture yang diakukan pada kelompok eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada materi menulis karangan sederhana siswa kelas IV SDN 118256 Batu Ajo I Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhan Batu Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhartnidn0025116113
Keywords: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, dan Picture and Picture.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45016

Actions (login required)

View Item View Item