Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dengan Teori Newman Materi Pecahan Kelas V SD di Kel. Sidorame Barat II Medan T.A 2020/2021

Siahaan, Jessica Febiola Naomi (2021) Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dengan Teori Newman Materi Pecahan Kelas V SD di Kel. Sidorame Barat II Medan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173111049_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173111049_COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173111049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173111049_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173111049_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173111049_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173111049_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173111049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173111049_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173111049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173111049_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173111049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173111049_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173111049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173111049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173111049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173111049_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173111049_BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173111049_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173111049_BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1173111049_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1173111049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita materi pecahan dengan teori Newman pada siswa kelas V SD Swasta di Kel. Sidorame Barat II Medan T.A 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bentuk cerita materi pecahan dengan teori Newman pada siswa kelas V SD di Kel. Sidorame Barat II Medan T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 172 siswa kelas V SD di Kelurahan Sidorame Barat II Medan. Dengan menggunakan teknik random sampling, maka terdapat 63 sampel peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif kuantitatif yang akan diinterpretasikan dalam bentuk angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan di kelas V. Berdasarkan uji kecenderungan kesulitan siswa yang telah dilakukan terhadap 63 siswa diketahui bahwa hasil nilai siswa menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan kelas V SD di Kelurahan Sidorame Barat II Medan dengan kategori “Tidak Sulit” berjumlah 8 siswa dengan persentasi 13%, kategori “Cukup Sulit” berjumlah 12 siswa dengan persentasi 19%, kategori “Sulit” berjumlah 32 siswa dengan persentasi 51% dan kategori “Sangat Sulit” berjumlah 11 siswa dengan persentasi 17%. Hal ini dibuktikan dengan adanya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal. Kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan membaca (reading errors) sebanyak 18 kali, kesalahan memahami masalah (comprehension errors) sebanyak 56 kali, transformasi masalah (transformation errors) sebanyak 56 kali, proses perhitungan (process skill errrors) sebanyak 54 kali, dan kesalahan dalam menulis jawaban (encoding errors) sebanyak 35 kali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-PGSD-247
Keywords: Kesulitan Menyelesaikan Soal; Teori Newman; Pembelajaran Matematika; Kesulitan Siswa dalam Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:41
Last Modified: 18 Mar 2024 03:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44977

Actions (login required)

View Item
View Item