Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan T.A 2020/2021

Panjaitan, Hutriani (2021) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 1171111022_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
2. NIM. 1171111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text
3. NIM. 1171111022_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
4. NIM. 1171111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text
5. NIM. 1171111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
6. NIM. 1171111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text
7. NIM. 1171111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
8. NIM. 1171111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
9. NIM. 1171111022_BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text
13. NIM. 1171111022_BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
14. NIM. 1171111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah antara lain 1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan T.A 2020/2021. 2) Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan T.A 2020/2021. 3) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan T.A 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex post facto dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V di SD Negeri 3 Pasar Pangururan sebanyak 42 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 42 orang, peneliti menetapkan 100% dari jumlah populasi sebagai sampel dikarenakan jumlah populasi yang relatif kecil dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa dokumentasi untuk pengambilan prestasi belajar siswa serta angket perhatian orang tua dan angket kebiasaan belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas .Sedangkan uji hipotesis dengan regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji t), uji hipotesis secara simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh signifikan positif dan signifikan antara: 1) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika, dengan nilai thitung 3.790 > ttabel 1.685 dan nilai signifikan 0,001 < 0,05. 2) Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika, dengan nilai thitung 4.587 > ttabel 1.685 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 3) Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan nilai Fhitung 168.337 > Ftabel 3.238) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Penelitian ini menunjukkan nilai R2 sebesar 0,896 artinya bahwa Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama memberikan sumbangan pengaruh sebesar 89,6% terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pasar Pangururan T.A 2020/2021. Dimana semakin baik perhatian orang tua dan kebiasaan belajar maka semakin baik pula Prestasi Belajar dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLubis, WildansyahNIDN0011115814
Call Number: 2021-PGSD-211
Keywords: Perhatian Orang Tua; Kebiasaan Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jan 2022 06:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44972

Actions (login required)

View Item View Item