PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR

Pakpahan, Abel P. (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA SMK NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116121022 Cover.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116121022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116121022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116121022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116121022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116121022 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116121022 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116121022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116121022 Bab I.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116121022 Bab V.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116121022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan : (1) hasil belajar KKPI siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan hasil belajar KPPI yg diajar dengan strategi pembelajaran Expository, (2) hasil belajar KPPI antara siswa dengan motivasi berprestasi tinggi dan hasil belajar KKPI siswa dengan motivasi berprestasi rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar KKPI. Populasi penelitian ini adalah 72 siswa SMK Sekolah Menengah Kejurusan (SMK). Berdasarkan teknik cluster random sampling, Kelas XI – Perhotelan 1 diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan Kelas XI – Jasa Boga diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Instrumen penelitian untuk mengukur hasil belajar digunakan tes pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 38 dan koefisien reliabilitas 0, 948 sedangkan untuk mendapatkan data tentang Motivasi berprestasi siswa digunakan angket dengan jumlah 38 soal dan koefisien reliabilitas 0,885. Uji normalitas dengan uji Lilifors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan Bartlett. Teknik analisis data adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching X ̅ = 27,61 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Expository X ̅ = 26,42 dengan Fhitung = 29,03 > Ftabel = 3,98, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi tinggi X ̅ =30,10 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi berprestasi rendah = 25,27 dengan Fhitung = 5.57 > Ftabel 3.98, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar KKPI dengan Fhitung = 6.65 > Ftabel = 3,98.Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan untuk siswa dengan karakteristik motivasi berprestasi tinggi adalah strategi pembelajaran Quantum Teaching sedangkan siswa dengan motivasi berprestasi rendah strategi pembelajaran yang tepat adalah Expository. Implikasi hasil penelitian ini secara khusus ditujukan kepada para guru KKPI untuk memahami karakteristik siswa untuk motivasi berprestasi. Para guru dan Kepala Sekolah disarankan untuk menerapkan beberapa strategi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Jugala195108201978031002
Thesis advisorK., Tina Mariany194403021976031001
Call Number: 373.246 Pak p
Keywords: Quantum teaching; Pembelajaran ekspositori; Motivasi berprestasi; Strategi pembelajaran; Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4471

Actions (login required)

View Item View Item