Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Teknik Studi Kasus untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2020/2021

Tampubolon, Berliana (2021) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Teknik Studi Kasus untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM_1171151005 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text
2. NIM_1171151005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
3. NIM_1171151005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text
4. NIM_1171151005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
5. NIM_1171151005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text
6. NIM_1171151005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
7. NIM_1171151005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
8. NIM_1171151005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
9. NIM_1171151005 BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text
13. NIM_1171151005 BAB V.pdf - Published Version

Download (314kB)
[img] Text
14 NIM_1171151005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan teknik studi kasus dapat meningkatkan berpikir krtis siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juli 2021.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan Quasi experimental design dengan Pre test-post-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA . Sampel sebanyak 30 orang yang berasal dari kelas XI IPA 3. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket berpikir kritis siswa berjumlah 32 item pernyataan yang telah valid dan reliable kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung 153 dengan α = 0,05, adapun J tabel = 137. Dari data tersebut terlihat bahwa J_(hitung )>J_tabel dimana 153 > 137. Artinya hipotesis diterima. Data pre-test berpikir kritis siswa diperoleh skor rata-rata 63 sedangkan data post-test berpikir kritis siswa diperoleh skor 98. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan penguasaan konten teknik studi kasus lebih tinggi dari pada sebelum mendapat layanan penguasaan konten teknik studi kasus. Layanan penguasaan konten teknik studi kasus memberikan kontribusi sebesar 55 % terhadap peningkatan berpikir kritis siswa kelass XI IPA 3 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNasrun, -NIDN0014055706
Call Number: 2021-BK-089
Keywords: Layanan Penguasaan Konten; Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44643

Actions (login required)

View Item View Item