Putri, Annisa (2021) Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Terhadap Konsep Diri Mahasiswa UKMI Ar-Rahman Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173351004_COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 1173351004_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM. 1173351004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 1173351004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1173351004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1173351004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 1173351004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1173351004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM. 1173351004_BAB I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM. 1173351004_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1173351004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap konsep diri mahasiswa ukmi ar-rahman fakulta ilmu pendidikan universitas negeri medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest grup design. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa ukmi ar-rahman fakultas ilmu pendidikan universitas negeri medan yang memiliki konsep diri sedang. Data penelitian dikumpulkan dengan skala konsep diri mahasiswa ukmi ar-rahman fakultas ilmu pendidikan universitas negeri medan berjumlah 34 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Skala konsep diri diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap konsep diri mahasiswa ukmi ar-rahman fakultas ilmu pendidikan universitas negeri medan. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor pre-test pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata 97 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata 134. Hal ini dapat diperoleh dari uji wilcoxon yang menunjukan bahwa uji jenjang wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 11. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk N= 10, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 11, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukan ada pengaruh bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap konsep diri mahasiswa ukmi ar-rahman fakultas ilmu pendidikan universitas negeri medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-BK-075 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi; Konsep Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 03:42 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44637 |