embelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Nasionalisme Ke-Indonesia-An (Studi Kasus di SMPN 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2022/2022)

Panjaitan, Rismahati (2021) embelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Nasionalisme Ke-Indonesia-An (Studi Kasus di SMPN 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2022/2022). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 3171111020 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text
2. NIM 3171111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (790kB)
[img] Text
3. NIM 3171111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text
4. NIM 3171111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
5. NIM 3171111020 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text
6. NIM 3171111020 TABLES.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text
7. NIM 3171111020 CHARTS.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text
8. NIM 3171111020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text
9. NIM 3171111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text
13. NIM 3171111020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text
14. NIM 3171111020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pembelajaran PPKn Dalam Meningkatkan Nasionalisme Ke-Indonesia-An Studi di SMPN 6 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dimana penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang menghasilkan data numerikal (angka). Tekni sampel yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan teknik random sampling (acak sederhana). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang beralamat di Jl. Irian Barat Desa Sampali No.5, Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa/siswi SMPN 6 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 15 kelas yang berjumlah 453 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 63 siswa dengan persentase sampel sebesar 15% dari tiap kelas yakni sebanyak 4 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, menyebarkan angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik sederhana dengan rumus: = -×100 % Hasil penelitian dari 63 responden jumlah yang menjawab selalu pada tabel total ada 692 frekuensi dengan rata-rata 41. Dalam tabel tabulasi persentase dapat dilihat ada 11147 atau rata-rata 59,39% dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran PPKn dalam meningkatkan Nasionalisme pada siswa sudah meningkat. Terlihat pada sikap siswa dalam menghormati dan menghargai nilai-nilai Nasionalisme serta menjunjung tinggi keberagaman. Adanya sikap saling, menghormati orang yang sedang beribadah, menghargai pendapat orang lain serta hidup bertoleransi antar umat beragama. Hidup rukun walaupun berbeda suku, agama, ras, antargolongan, seperti slogan bhineka tunggal ika walaupun kita berbeda-beda namun kita tetap satu jua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSetiawan, DenyNIDN0008036812
Call Number: 2021-PKN-094
Keywords: Pembelajaran PPKN; Nasionalisme Ke-Indonesia-an; Keberagaman
Subjects: J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44551

Actions (login required)

View Item View Item