Pengaruh Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 106161 Laut Dendang T.A 2020/2021

Tarigan, Ayu Listian (2021) Pengaruh Pendekatan Saintifik Model Problem Based Learning (PBL) dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 106161 Laut Dendang T.A 2020/2021. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8196181004 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text
2. NIM 8196181004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (501kB)
[img] Text
3. NIM 8196181004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text
4. NIM 8196181004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text
5. NIM 8196181004 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (533kB)
[img] Text
6. NIM 819618104 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
7. NIM 8196181004 LIST OF TABELS.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
8. NIM 8196181004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text
9. NIM 8196181004 CHAPTER.pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] Text
13. NIM 8196181004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text
14. NIM 8196181004 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (392kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh penerapan pendekatan saintifik model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa, pengaruh Keterampilan Sosial terhadap hasil belajar, interaksi pendekatan saintifik model Problem Based Learning (PBL) dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random dilakukan secara acak dengan menggunakan undian, ditentukan 2 (dua) kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu 1 (satu) kelas menjadi kelas Perlakuan Pendekatan Saintifik dan kelas yang ke 2 (dua) menjadi kelas perlakuan pembelajaran ekspositori. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu model Problem Based Learning (PBL) pada kelas V-A 30 Orang Siswa dan model pembelajaran ekspositori pada kelas V-B 28 Orang Siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dua jalur pada taraf signifikasi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian diperoleh: Rata-rata hasil belajar PPKn siswa dengan ≥ pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 24,37 lebih tinggi dari pada siswa yang dengan pembelajaran Ekspositori sebesar 19,46. Rata-rata hasil belajar PPKn antara siswa yang memiliki Keterampilan Sosial tinggi memperoleh nilai rata – rata = 24,15, sedangkan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah memperoleh nilai rata – rata = 20,25. Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan keterampilan sosial siswa (tinggi, dan rendah) yakni kelompok keterampilan sosial tinggi (26,69), dan kelompok keterampilan sosial rendah (22,59), lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori yaitu kelompok keterampilan sosial tinggi (21,62), dan kelompok keterampilan sosial rendah (17,60).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Denynidn0008036812
Thesis advisorSaragi, Daulatnidn0007116404
Call Number: 372.8 Tar p
Keywords: Problem Based Learning (PBL); Keterampilan Sosial; Hasil Belajar PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 31 Dec 2021 06:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44177

Actions (login required)

View Item View Item