Siregar, Intan Lestari (2014) KESIAPAN GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KELAS IV PADA 3 SEKOLAH DASAR DI KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182017 Cover.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2. 8126182017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
3. 8126182017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. 8126182017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. 8126182017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. 8126182017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. 8126182017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. 8126182017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. 8126182017 Bab I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
10. 8126182017 Bab V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
11. 8126182017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru pada pembelajaran IPS dalam implementasi kurikulum 2013 di Kelas IV pada 3 Sekolah dasar yaitu SDN 060843, SDN 060866 Medan dan SD Swasta Perguruan Al-Azhar Medan. Penelitian ini dilakukan karena pemahaman guru tentang pelaksanaan kurikulum 2013 masih rendah, faktor lain minimnya sosialisasi Kurikulum 2013 yang diberikan terhadap guru sehingga hanya sebagian guru yang dapat melaksanakan kurikulum 2013 di sekolah sasaran.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di 3 Sekolah Dasar yang berbeda yaitu 1 orang guru kelas IV di SD Negeri 060843 Medan, 1 orang guru kelas IV di SD Negeri 060866 Medan, dan 1 orang guru kelas IV di SD Swasta Perguruan Al-Azhar Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 masih kurang. Guru masih mengalami kendala untuk mencapai pelaksanaan pembelajaran yang optimal, diantaranya pengelolaan waktu yang masih sangat terbatas, sarana dan prasarana yang masih belum lengkap, serta pelatihan yang diterima guru-guru masih minim, faktor pendukung dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah kebijakan Kepala Sekolah dalam melakukan sosialisasi dan mengundang instruktur kurikulum ke sekolah. Antusias guru, juga termasuk kemampuan guru merancang pembelajaran serta memberikan motivasi yang tinggi kepada siswa sehingga siswa selalu aktif dalam pembelajaran. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah kurangnya sosialisasi dan pelatihan yang diterima guru, sarana dan prasarana yang masih minim, mengubah mindset siswa, serta teknik penilaian yang dianggap terlalu rumit. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di kelas IV pada 3 SD Kota Medan dikategorikan kurang siap.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sir k |
Keywords: | Kurikulum 2013; Kesiapan guru; Pembelajaran IPS; Standar kompetensi lulusan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4401 |