Mahrani, Siti (2014) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATERI PELAJARAN IPS DI 5 SMP KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126182036 Cover.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. 8126182036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
3. 8126182036 Abstrak.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. 8126182036 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. 8126182036 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
6. 8126182036 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. 8126182036 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. 8126182036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. 8126182036 Bab I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
10. 8126182036 Bab V .pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
11. 8126182036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di 5 SMP Kota Medan. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana kesiapan para guru sasaran dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis kesiapan guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di 5 SMP Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah guru-guru sasaran di 5 SMP Kota medan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Tingkat kesiapan guru diperoleh melalui pengumpulan data dengan teknik wawancara dan observasi. Melalui hasil wawancara dengan para guru sasaran dapat diketahui pemahaman guru tentang Kurikulum 2013 belum optimal, hal ini disebabkan minimnya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan terhadap guru, masih ada guru sasaran yang baru satu kali mengikuti sosialisasi dan pelatihan yang diadakan Pemerintah, bahkan ada juga guru yang belum pernah sama sekali mengikuti sosialisasi dan pelatihan, sehingga pemahaman guru tentang Kurikulum 2013 sangat kurang, akibatnya guru belum mampu menerapkan Kurikulum 2013 di dalam kelas, dengan demikian dari hasil observasi juga sangat terlihat pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran IPS yang diterapkan guru di dalam kelas belum terlaksana sesuai dengan yang diharapkan Pemerintah, guru masih menggunakan proses pembelajaran seperti pada Kurikulum lama, hal ini disebabkan guru terkendala pada : (1) pengelolaan waktu, waktu yang sangat terbatas menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak selesai pada waktu yang ditentukan, (2) buku pelajaran, sebagian besar buku pelajaran yang diterima sekolah sasaran masih sangat terbatas, dalam satu meja yang terdiri dari dua orang siswa hanya memperoleh satu buku, akibatnya materi pembelajaran susah dipahami siswa, (3) proses penilaian, penilaian adalah hal tersulit yang dialami guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, penilaian yang harus terstruktur dan dideskripsikan membuat guru terkendala dalam pelaksanaannya. Dari hasil wawancara dan observasi terhadap guru-guru sasaran dapat diketahui kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS masih belum optimal, karena minimnya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan kepada guru-guru sasaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Mah a |
Keywords: | Kurikulum 2013; Ilmu pengetahuan sosial; Kesiapan guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 May 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4400 |