Lesson Learn Lesson Study For Learning Community (LSLC) Sebagai Inovasi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru KKG Gugus 1 Kota Ternate Selatan

Sundari, and Masúd, Abdu (2020) Lesson Learn Lesson Study For Learning Community (LSLC) Sebagai Inovasi Pembelajaran Abad 21 Bagi Guru KKG Gugus 1 Kota Ternate Selatan. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (746kB)

Abstract

Guru yang profesional mampu menciptakan inovasi dalam pembelajaran. Filosofi Lesson Study pada saat ini berkorelasi dengan karakteristik pembelajaran abad 21 yaitu: berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengintegrasikan Lesson Study for Learning Community (LSLC) sebagai Inovasi Pembelajaran Abad 21 Pada Guru SD di KKG Gugus 1 Kota Ternate Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SD kelompok KKG gugus 1 di Kota Ternate selatan 81% telah memahami filosofi dan teknik pelaksanaan Lesson Study terkini; 80% guru telah mampu mengimplementasikan plan-do-see; 79% guru telah mampu berpikir kritis melalui analisis refleksi dan 79% guru telah mampu berkolaborasi saat merancang Desain Pembelajaran. Lesson study for learning community merupakan salah satu teknik untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi pembelajaran bagi guru di abad ke-21.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: lslc; inovasi pembelajaran; abad 21; kolaborasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43886

Actions (login required)

View Item View Item