Pengembangan Video Tutorial Pada Materi Biomassa Sebagai Substrat Bioteknologi sebagai Pendukung Sumber Belajar Mahasiswa

Sirait, Desika and Manurung, Binari (2020) Pengembangan Video Tutorial Pada Materi Biomassa Sebagai Substrat Bioteknologi sebagai Pendukung Sumber Belajar Mahasiswa. In: SEMINAR NASIONAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARANNYA KE-VI 2020 JURUSAN BIOLOGI, FMIPA, UNIMED, 7 November 2020, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (980kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa berbasis STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) pada topik ekosistem di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Analisis data dalam penelitian ini bersifat deskriptif berupa check list yang dirangkum dalam bentuk tabel skala likert. Subjek penelitian ini melibatkan dua orang dosen biologi, dua orang guru biologi serta siswa X MIA 1 (34 siswa) Sei Tuan. Objek penelitian ini adalah kelayakan LKPD berbasis STEM pada topik ekosistem. Hasil penilaian LKPD berbasis STEM oleh ahli materi memperoleh skor 91,6% dengan kategori “sangat layak”, ahli strategi pembelajaran 94% dengan kategori “sangat layak”, respon guru biologi 93% dengan “sangat layak”. Kategori dan respon siswa memperoleh skor 91% dengan kategori “layak”. Pada tes keefektifan siswa memperoleh skor Pre Test dengan rata-rata (61,91), setelah penerapan menggunakan LKS berbasis STEM siswa mendapatkan skor rata-rata Post Test (80,88). Pada uji t ditemukan ada perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest dengan nilai signifikansi 0,000 dimana jika nilai sig. <0,05, hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest. Berdasarkan hasil uji N-gain dari pretest dan posttest diperoleh nilai 0,5 dengan kategori “Sedang”, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis STEM pada topik ekosistem efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan nilai gain. 0,5 (kategori sedang)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: LKPD; STEM (Science, Technology, Engineeringand Mathe¬matics); Hasil belajar siswa; Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43852

Actions (login required)

View Item View Item