PENGEMBANGAN INSTRUMEN PORTOFOLIO KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DI KABUPATEN GAYO LUES

Hasbi, Abdul Razak (2014) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PORTOFOLIO KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN PELUANG DI KABUPATEN GAYO LUES. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106172022 Cover.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106172022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106172022 Abstrak.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106172022 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106172022 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106172022 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106172022 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106172022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8106172022 Bab I.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8106172022 Bab V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa pada pokok bahasan peluang. Komponen penilaian portofolio ini mencakup tes kemampuan pemecahan masalah, refleksi diri rasa ingin tahu, lembar aktivitas siswa, pekerjaan rumah, lembar karya bebas siswa, dan lembar observasi rasa ingin tahu. Model pengembangan instrumen portofolio yang digunakan adalah modifikasi sistem pendekatan model Dick dan Carey. Tahapan-tahapan pengembangan yang dilakukan mencakup : (1) identifikasi SK, KD dan indikator penilaian, (2) identifikasi materi penilaian dan urutannya, (3) identifikasi penilaian konvensional dan daya dukung, (4) menentukan tujuan pengembangan, (5) mengembangkan tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi penilaian, (7) mengembangkan dan memilih bahan penilaian, (8) mendesain dan melaksakan evaluasi formatif, (9) merevisi penilaian, dan (10) mendesain dan melaksanakan evaluasi sumatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu memenuhi persyaratan validitas yang mencakup validitas isi, validitas konstruk dan validitas empiris, dalam proses pengembangannya seluruh butir pada setiap komponen instrumen portofolio yang terdiri atas 146 butir terdapat 121 butir dipakai tanpa revisi, 24 butir dipakai dengan perbaikan dan 1 butir dibuang; (2) penerapan instrumen portofolio kemampuan pemecahan masalah dan rasa ingin tahu efektif, hal ini ditandai dengan tercapainya tujuan penilaian, kemampuan guru mengelola pembelajaran yang baik dan respon positif siswa; (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA SMA pada pokok bahasan peluang di Kabupaten Gayo Lues yang dinilai dengan menggunakan instrumen portofolio yang dikembangkan dibandingkan dengan penilaian konvensional, hal ini ditandai dengan terdapat perbedaan skor rata-rata tes akhir kemampuan pemecahan masalah sebesar 3,221 dengan t hitung 4,244 dan signifikansi 0,000; dan (4) terdapat perbedaan rasa ingin tahu siswa kelas XI IPA SMA pada pokok bahasan peluang di Kabupaten Gayo Lues yang dinilai dengan menggunakan instrumen portofolio yang dikembangkan dibandingkan dengan penilaian konvensional, hal ini ditandai dengan terdapat perbedaan skor rata-rata refleksi diri akhir rasa ingin tahu sebesar 2,203 dengan t hitung 2,637 dan signifikansi 0,012.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Thesis advisorAsmin, 195708041958031002
Call Number: 519.207 12 Has p
Keywords: Peluang; Pemecahan masalah; Penilaian portofolio; Penilaian konvensional; Rasa ingin tahu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4382

Actions (login required)

View Item View Item