PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA SEKOLAH LUAR BIASA DI KECAMATAN MEDAN AMPLAS

Nurmayani and Simbolon, Naeklan and Winara and Khairunnisa (2021) PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN PADA SEKOLAH LUAR BIASA DI KECAMATAN MEDAN AMPLAS. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (631kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Kita ketahui bahwa saat ini telah beredar beberapa peraturan pemerintah, salah satunya adalah diterbitkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan (Mendikbud) pada surat pemberitahuan tentang Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Masalah yang dihadapi mitra adalah sulitnya menerapkan proses belajar online pada siswa disabilitas di Sekolah Luar Biasa Medan Amplas. Pendamping pembelajaran daring diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap perkembangan anak baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual. Strategi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan upaya memberikan pendidikan, pelatihan, dan pendampingan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat mengembangkan diri dalam mengelola kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring) sebagai upaya pencapaian pembelajaran pada masa pendemi Covid-19 dan upaya menuju tercapainya kompetensi pembelajaran pada siswa. Proses ini memilki tiga tahap yang berbeda: 1) merumuskan konsep materi pendampingan; 2) pemberian materi kepada guru berdasarkan materi yang ditetapkan; 3) Penilaian untuk mengetahui peningkatan yang dicapai melakukan kegiatan pendampingan. Tujuan program Kemitraan Masyarakat adalah “Terlaksananya Pendampingan Belajar online secara Efektif pada Proses Pembelajaran SLB Masa Pandemi Covid-19”. Hasil yang diperoleh berdasarkan Pendampingan Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Sekolah Luar Biasa Di Kecamatan Medan Amplas yakni telah terlaksananya pendampingan belajar online secara efektif pada proses pembelajaran SLB masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pretest yang diperoleh guru 45,14 dan nilai posttest yang diperoleh guru 82,10.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendampingan; Jaringan; SLB; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children > HV888 Children with disabilities
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Nov 2021 00:47
Last Modified: 21 Nov 2021 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43717

Actions (login required)

View Item
View Item