Pengaruh Model MEA Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Di SD

Barus, Eka Resti (2021) Pengaruh Model MEA Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Di SD. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8196182020 - COVER.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8196182020 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8196182020 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8196182020 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8196182020 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8196182020 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8196182020 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8196182020 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8196182020 - BAB I.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8196182020 - BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 8196182020 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran MEA terhadap hasil belajar siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan teknik pengumpulan data tes soal dan angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 034799 Doloktolong dengan jumlah 40 siswa dan SDN 037991 Lancang dengan jumlah 40 siswa yang ditentukan secara acak dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebanyak 20 siswa sebagai kela s eksperimen dan kelas IVB sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran MEA dengan nilai rata-rata 86,24 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan rata-rata 77,16 hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 3,300 > nilai Ftabel sebesar 2,72 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,03<0,05, sehingga H0 ditolak; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata 87,85 dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan rata-rata 69,55. Hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 116,82 > nilai Ftabel sebesar 2,72 dan nilai signifikan 0,00<0.05, sehingga H0 ditolak; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran MEA dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 5,54 > nilai Ftabel sebesar 2,72 dan signifikansi 0,02 < 0,05 sehingga H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Denynidn0008036812
Thesis advisorSaragi, Daulatnidn0007116404
Call Number: 323.6 Bar p
Keywords: model pembelajaran MEA; motivasi belajar; hasil belajar PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43320

Actions (login required)

View Item View Item