Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kemandirian Siswa Fisika SMA

Novita, Sofia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Budaya Melayu untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Kemandirian Siswa Fisika SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176176019 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176176019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176176019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176176019 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176176019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176176019 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176176019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176176019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176176019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176176019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176176019 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran fisika yang terintegrasi pada budaya Melayu serta melihat Keterampilan Generik Sains (KGS) dan Kemandirian siswa melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Melayu dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini dilakukan di MAPN Besitang T.P 2020 -2021. Jenis penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen yang dilaksanakan menggunakan Two group Pretest – Postest Design. Sample dalam penelitian ini adalah kelas X B MIA sebagai kelas kontrol dan kelas X A MIA sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan Generik Sains sesuai dengan sepuluh aspek KGS dan angket kerjasama siswa sebanyak 30 butir pertanyaan yang telah divalidasi oleh asli. data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS 17.0, uji-t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dikelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Melayu, KGS siswa diperoleh nilai gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang dan kemandirian siswa diperoleh dengan nilai gain sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Sedangkan dikelas yang dibelajarkan dengan konvensional, KGS siswa diperoleh nilai gain 0,3 dengan kategori sedang dan kemandirian siswa yang diperoleh nilai gain sebesar 0,3 dengan kategori sedang. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Berbasis Budaya Melayu. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif berbasis budaya Melayu lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. pembelajaran fisika terintegrasi etnofisika dapat meiningkatkan KGS dan kemandiria siswa : pengamatan langsung, pengamatan tak langsung, dan kesadaran skala.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSahyar, nidn0026046004
Thesis advisorDerlina, nidn0021036405
Call Number: 530.72 Nov p
Keywords: Kooperatif; KGS; Kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2021 09:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43260

Actions (login required)

View Item View Item